Kamis, 14 Agustus 2014

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

A.  BERPIKIR BERPASANGAN
FRANK LYMAN 1985
Langkah-langkah
l  Guru menyampaikan isi materi dan tujuan
l  Siswa berpikir materi dari guru tersebut
l  Siswa diminta berpasangan masing-masing mengutarakan jawabannya
l  Tiap kelompok/ pasangan mengemukakan hasil diskusinya
l  Materi bisa dikembangkan dari wawasan siswa
l  Kesimpulan - Penutup
B.  NUMBERED HEADS TOGETHER
SPENCER KAGAN 1992
Langkah-langkah
l  Siswa dibagi Kelompok
l  Setiap siswa diberi nomor
l  Setiap siswa diberi tugas
l  Kelompok mendiskusikan jawaban
l  Guru memanggil salah satu nomor untuk melaporkan hasil diskusi kelompok
l  Kesimpulan - Penutup
C.  MENCARI PASANGAN
LORNA CURRAN 1994
Langkah-langkah
l  Guru menyiapkan beberapa kartu berisi konsep dan jawaban
l  Setiap siswa mendapat satu kartu
l  Setiap siswa memikirkan jawabannya
l  Setiap siswa mencari jawaban yang cocok (soal dan jawaban)
l  Siswa yang cepat mencari pasangan mendapat poin
l  Setiap pasangan mendapat tugas
l  Kesimpulan - Laporan
D.  EXAMPLES NON EXAMPLES
Langkah-langkah
l  Guru menyiapkan gambar sesuai dengan tujuan
l  Siswa diminta mengamati gambar
l  Siswa dikelompokkan dan menganalisis gambar
l  Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya
l  Dimulai dari hasil diskusi siswa, Guru menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
l  Kesimpulan
E.  BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah
l  Setiap siswa berpasangan
l  Setiap pasangan diberi tugas dan mengerjakannya
l  Setelah selesai, setiap pasangan bertukar dengan pasangan lainnya
l  Pasangan baru berdiskusi saling menanyakan dan mengukuhkan jawabannya
l  Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan disampaikan kepada pasangan semula
l  Kesimpulan - Penutup
F.  GROUP INVESTIGATION
SHARAN 1992
Langkah-langkah
l  Siswa dikelompokkan secara heterogen
l  Guru menjelaskan tugas kelompok
l  Guru memanggil ketua kelompok untuk menerima materi/ tugas yang berbeda
l  Masing-masing kelompok membahas tugas secara kooperatif
l  Selesai berdiskusi Ketua menyampaikan hasil kelompok
l  Guru memberikan kesimpulan
l  Penilaian
G.  JIGSAW (TIM AHLI)
ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES & SNEPP 1978
Langkah-langkah
l  Siswa dikelompokkan (4 orang)
l  Setiap siswa diberi materi yang berbeda
l  Setiap siswa membaca tugas bagiannya
l  Siswa yg memiliki nomor yg sama berkumpul dlm satu kelompok
l  Siswa kembali ke Kelompok Semula
l  Secara bergantian mempresentasikan hasil jawaban tim ahli kepada teman lainnya- semua anggota kelompok mencatat hasil
l  Kesimpulan – Penguatan dari guru
H.  GAMBAR DAN GAMBAR
Langkah-langkah
l  Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai
l  Menyajikan materi sebagai pengantar
l  Guru menunjukkan gambar-gambar
l  Siswa mengurutkan gambar sesuai dengan urutan yang logis
l  Guru menanyakan alasan pemikiran urutan gambar tersebut
l  Dari urutan tersebut, guru menanamkan konsep
l  Kesimpulan - Rangkuman
I.  Student Teams Achievement Division (STAD)
*      Siswa dikelompokkan dengan anggota 4-5 orang Heterogen
*      Anggota tim menggunakan lembar kegiatan atau perangkat tugas yang lain
*      Setiap anggota saling membantu memahami bahan pelajaran
*      Secara individu tiap 1 atau 2 minggu diberi kuis
*      Kuis di skor, dan tiap individu diberi skor perkembangan
J.  DEBATE
l  Guru membagi 2 kelompok peserta debat, satu pro dan satu kontra
l  Guru memberikan tugas dan membaca materi yang akan didebatkan
l  Guru menunjuk salah satu anggota klp pro unt berbicara dan ditanggapi klp kontra, dst. Sampai sebagian besar siswa dapat mengemukakan pendapat
l  Guru menambah konsep/ide yg belum terungkap
l  Dari data tsb, guru mengajak siswa membuat kesimpulan
K.  CROSS OVER GROUP DISCUSSION
(Diskusi Silang Kelompok)
l  Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok, masing2 kel 6 orang
l  Guru menetapkan waktu diskusi misal 60’
l  10’ pertama, masing2 klp memilih topik
l  10’ kedua s.d. 10’ keenam, berturut- turut seorang peserta dari setiap klp pindah ke klp lain searah jarum jam, sampai setiap klp hanya ada 1 orang anggota asli dan 5 anggota berasal dari klp lain, setiap anggota klp baru memberi pendapat
l  Anggota klp asli berperan sebagai pemimpin diskusi

Rujukan
OLEH:
Dra. Harti Kartini, M.Pd

l  Siberman, M.L. 2004. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nusamedia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar